Blogroll

Sabtu, 19 Mei 2012

Manfaat Tanaman Lidah untuk kesehatan

Lidah buaya banyak mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, dengan komponen berbentuk gel yang sebagian besar adalah air (mencapai 99.5%), kandungan lain dalam lidah buaya adalah lemak lemak 0,067 %, karbohidrat 0,043 %, protein 0,038 %, vitamin 0,49 %, vitamin C 3,476 mg (Furnawanthi, 2002). Dan juga lidah buaya mengandung vitamin C yang sangat tinggi.
Kompleks banget kan kandungan lidah buaya?? Langsung aja kita simak apa aja manfaat dari lidah buaya berikut ini :
Mambantu Mengurangi Kadar Gula Darah Dalam Tubuh
Penyakit gula atau lebih sering disebut diabetes sering kita temui di berbagai lapisan masyarakat dewasa ini, apa gerangan penyebabya?? Tidak lain dan
tidak bukan adalah karma pola makan yang kurang baik. Tapi tak ada penyakit yang tak ada obatnya dan obatnya pun gak jauh2 dari kebun kita lidah buaya lah solusinya. Lidah buaya mengandung zat yang disebut aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang berfungsi untuk mengaktivasi insulin dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan cara menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

 
Untuk mencegah penyakit gula darah ini caranya  :
  • Ambil pelepah lidah buaya yang sudah dewasa, pilih pelepah yang besar dan lebar
  • Potong pelepah pada pangkalnya kemudian bersihkan dengan cara dicuci kulit lidah buaya dengan air yang mengalir
  • Belah pelepah lidah buaya menjadi dua bagian dari pangkal sampai ujung
  • Ambil lendir yang ada pada kedua belahan dengan sendok makan secara hati-hati dan halus usahakan jangan sampai terkena seratnya (karena seratnya terasa pahit)
  • Masukkan ke dalam gelas air minum (isi lendir tiap pelepah hanya sekitar 2-3 sendok makan)
  • Campur dengan air hangat seperempat gelas minum kecil dan sedikit garam biar rasanya agak enak.
  • Minum dua kali sehari (pagi dan malam) selama dua minggu berturut turut.
Sebagai antiseptic & obat luka bakar
Daun dan akar Tanaman lidah buaya banyak mengandung saponin dan flavonoid, di samping itu daunnya juga mengandung tanin dan polifenol (Hutapea, 2000). Saponin dapat berfungsi sebagai pembersih sehingga efektif untuk menyembuhkan luka terbuka, sedangkan tanin dapat digunakan sebagai pencegahan terhadap infeksi luka karena mempunyai daya antiseptik dan obat luka bakar.
Jika Anda terkena luka bakar langsung saja ambil daun lidah buaya dan kemudian kupas kulitnya kemudian bersihkan dengan air. Setelah itu remas sampai hancur dan gunakan untuk mengolesi kulit yang terbakar.
Membantu Regenerasi kulit
Lidah buaya kaya akan antioksidan (flavonoid, vitamin C, beta-karoten) sehingga bisa berfungsi sebagai anti aging. Sebuah studi yang dilakukan di Turki pada tahun 2009, menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu regenerasi jaringan kulit. Selain itu dapat memudarkan bekas luka dan garis garis putih/merah akibat kehamilan atau strecth mark, merawat luka kecil akibat teriris pisau dan tergores serta memudarkan bintik-bintik kehitaman pada kulit seperti bekas jerawat dan luka. Cara penggunaannya sama seperti penggunaan pada pengobatan luka bakar.
Membantu melancarkan proses pencernaan
Penelitian telah menunjukkan gel lidah buaya mampu mengusir dan membinasakan racun dan bahan asing lainnya yang biasanya menempel pada usus. Racun dan benda asing yang menempel pada usus sangatlah berbahaya sebab mengakibatkan akumulasi limbah sehingga dapat memblokir saluran usus dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Manfaat lidah buaya adalah dapat menghilangkan limbah dan membantu dalam pengaturan asam. Hal tersebut dapat mencegah Anda dari menderita gangguan pencernaan dan juga dapat membersihkan darah serta meningkatkan sirkulasi normal. Minum secara teratur lidah buaya seminggu 3 kali bias mencarkan proses buang air besar.

0 komentar:

Posting Komentar