Blogroll

Kamis, 31 Mei 2012

TEH HIJAU Juga Bisa Berbahaya untuk Tubuh


JAKARTA-  Teh hijau selama ini telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, seperti menurunkan berat badan, kulit sehat dan mengeluarkan racun dari tubuh. Namun bila dikonsumsi secara berlebihan, teh hijau justru dapat membahayakan tubuh.
Teh hijau dapat menyebabkan sembelit atau diare, muntah, pusing dan bahkan sakit kepala. Teh hijau memiliki kafein yang juga dapat menyebabkan sulit tidur, seperti dilansir boldsky, Kamis (31/5/2012).
Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan minum teh hijau, ikuti langkah penggunaan dengan cara yang sehat.
Bagaimana dan kapan harus minum teh hijau?
1. Minum teh hijau segar
Teh hijau yang disiapkan secara segar adalah sehat dan baik untuk tubuh. Anda dapat mengonsumsinya panas atau dingin tapi pastikan tidak disimpan lebih dari satu jam.
Jika Anda menyimpan teh untuk waktu yang lama, akan terjadi kehilangan vitamin dan antioksidan. Juga, sifat antibakteri berkurang dengan seiring waktu. Bahkan, mulai bakteri mulai muncul jika dibiarkan terlalu lama. Jadi, membuat teh hijau segar dapat menghindari efek sampingnya pada tubuh.
2. Konsumsi 1 jam sebelum makan
Orang yang sedang diet harus mempersiapkan teh hijau sebelum makan. Hal ini karena teh hijau bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan untuk waktu yang lama.
Waktu yang ideal untuk mengonsumsi teh hijau adalah satu jam sebelum atau setelah makan. Jadi, jika diambil 1 jam sebelum makan, teh dapat mengendalikan rasa lapar. Hindari minum teh hijau di pagi hari, terutama pada perut kosong.
3. Jangan minum teh hijau bersamaan dengan obat-obatan
Untuk menghindari efek samping dari obat-obatan dan teh hijau, jangan pernah mengonsumsinya secara bersamaan. Cara terbaik untuk mengonsumsi obat-obatan adalah dengan air putih atau sesuai petunjuk yang diresepkan oleh dokter.
4. Jangan terlalu pekat
Teh hijau sangat pekat atau memiliki kafein dan polifenol lebih kuat. Bahan-bahan dalam teh hijau memiliki efek samping pada tubuh. Teh hijau yang kuat atau pekat dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sulit tidur dan jantung berdebar.
5. Jangan lebih dari tiga cangkir
Seperti disebutkan sebelumnya, konsumsi berlebihan apa pun memiliki efek samping. Demikian pula, mengonsumsi lebih dari 2-3 cangkir teh hijau dapat membahayakan tubuh Anda. Karena mengandung kafein, batasi asupan maksimum 3 cangkir setiap hari.

0 komentar:

Posting Komentar